I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 15 Februari 2011

Penggunaan Email Dan Blog

Reza Indah Pribadi (10-014)
Annisa Hazrina (10-030)
Agita Sara (10-114)



Internet sebagai salah satu mediator pembelajaran saat ini sedang dikembangkan dimana-mana. Salah satunya di kampus kita tercinta , Fakultas Psikologi USU. Kini internet bagaikan jembatan penghubung antara dosen dengan mahasiswa dalam hal pembelajaran dan pemberian tugas. Dapat kita lihat tentunya dari kewajiban mahasiswa angkatan 2010/2011 untuk membuat satu mail dan blog khusus untuk keperluan kuliah.
E-mail sebagai salah satu penunjang komunikasi sangat baik disosialisasikan ditengah kehidupan mahasiswa. Dengan tugas yang sangat banyak seperti paper dan makalah, adanya emai sungguh membantu kami untuk meringankan tugas yang diberikan oleh dosen. Sekarang, kami tidak lagi harus selalu mencari warnet atau bahkan memeli printer baru untuk mem-print out kan tugas yang kadang dalam sehari saja bisa sampai berpuluh lembar. Adanya email membuat kami praktis bekerja dirumah dengan cukup megirimkan file yang sudah di attach ke email dosen. Ini juga berprinsip pada paperless yang membantu pengurangan tingkat global warming di dunia. Lumayan kan ? kalau satu mahasiswa biasanya ngeprint sampai 10 lembar saja sehari , satu angkatan ada 126 orang , maka sudah 1260 kertas yang kita keluarkan per harinya. Belum lagi angkatan yang lain. Tak terbayang banyaknya.
Selain itu , dengan email kami juga lebih praktis mendapatkan bahan kuliah berupa slide dari dosen maupun dari senior. Sehingga data yang kami kumpulkan cukup banyak untuk referensi pembelajaran . Kesemuanya di save di dalam computer sehingga pada saat kami mencarinya untuk belajar ataupun referensi tugas akan jauh lebih gampang disbanding mencarinya di tumpukan kertas-kertas . Karena semua disave di computer, tata rauang kamar kami juga pastinya sedikit lebih rapid an luas karena nggak ada tumpukan-tumpukan kertas bahan kuliah di pojokan kamar .
Tuh , banyak sekali kan keuntungannya ? Belum lagi kita bahas mengenai blog. Blog juga diwajibkan untuk angkatan 2010/2011 loh . Nah kalau blog ini lebih asyik lagi, banyak sekali positive side dari adanya blog sebagai media pembelajaran.
Blog yang kami miliki harus kami share ke teman-teman satu angkatan yang terutama ( silahkan kalau mau share dengan senior  ). Hal ini juga dimaksudkan agar kami bisa saling berbagi ide atau gagaan pikir dengan teman yang lain. Blog juga mengajarkan kita untuk aktif , ekspresif dan kreatif ( kata kata siapa yaaa ?  ) . AKTIF maksudnya kita bisa lebih banyak menyampaikan pendapat ataupun ide kita mengenai suatu permasalahan , baik bahan kuliah ataupun info update disekitar kita. EKSPRESIF berarti kita lebih mampu show-off sama yang lain kalo memang selama ini kita dikenal agak malau mengungkapkan pendapat di kelas sehari-hari. Tapi melalui blog, teman-teman pada tau apa yang tadinya mau kita sampaikan di kelas. Nah , kalo KREATIF itu bisa banyak ya maksudnya. Mulai dari cara kita mendesain blog , membubuhkan aksesori, cara kita menuliskan blog dan lain-lain yang tentunya mengasah tingkat kreativitas kita. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa di jelaskan dari ketiga poin tersebut . Tapi ntar blognya kepanjangan yak ? bosen deeh bacanya -__-
Nah , intinya penggunaan blog dan email untuk mahasiswa Psikologi 2010/2011 itu gak ada ruginya deh. Selain efektivitas waktu terjaga, efisiensi biaya juga menjadi dampak positi dari penggunaan blog dan email ini . Bagus dan sangat dianjurkan untuk terus dilanjutkan untuk adik-adik kami kedepan 

0 komentar:

Poskan Komentar