I made this widget at MyFlashFetish.com.

Kamis, 21 Juni 2012

Evaluasi Kinerja Mata Kuliah Paedagogi


Tak terasa satu semester hampir berlalu. Banyak kenangan yang dialami bersama selama rentang waktu yang tidak sebentar ini. Khusus untuk mata kuliah pedagogi, saya akan memberikan testimoni mengenai mata kuliah pilihan dengan bobot 2 sks ini.

Kesan
Kesan saya selama mata kuliah ini adalah mata kuliah ini cukup menarik. Ditambah dengan dosen pengampu yang juga mengajar dengan seni yang terwujud dari model pembelajaran berbasis TIK nya sehingga sangat berbeda dari mata kuliah lain. tugas-tugas yang diberikan juga membantu untuk memahami materi secara mendalam seperti tugas lapangan microteaching yang mencakup semua materi pedagogi dalam prosesnya. Kemudian tugas mandiri posting blog yang menuntut kami untuk mencari bahan selain dari buku. Kemudian proses belajar yang tidak hanya dilakukan di kelas namun juga secara online.

Evaluasi
Di kelas, kami memang terlihat tidak peduli. ketika dosen bertanya “mengerti?”, kami hanya diam. Ketika ditanya “ada pertanyaan?”, kami juga tetap diam sehingga pernah suatu saat pengampu merasa kecewa pada kami dan akhirnya meninggalkan kelas. namun setelah kami meminta maaf dan berjanji untuk selalu merespon pertanyaan pengampu, dosen tetap masuk pada pertemuan berikutnya dan memang belum dapat berjalan dengan seperti yang diharapkan karena masih sering “delay” sehingga pengampu mengulang pertanyaannya lagi hingga kami merespon.

Kritik
Dosen pengampu yang juga merangkap sebagai PD III membuat jadwalnya semakin padat dan seringkali memberi informasi tiba-tiba lewat FB atau melalui komting. Sebenarnya kami maklum akan hal itu, karena peran rangkap yang dimiliki oleh pengampu. Teman-teman yang sudah sempat datang ke kampus tiba-tiba disampaikan bahwa kelas hari itu ditiadakan. Apalagi saya pribadi tidak setiap saat mengecek FB untuk melihat informasi. Kemudian pengumuman mengenai UAS yang sangat mendadak. Saya mengetahui informasi tersebut dari komting pada pukul 07.00 sedangkan kasuk kuliah pukul 08.00.

Saran
Untuk ke depannya, jika ibu memang berhalangan masuk secara tiba-tiba, ibu bisa meminta pengampu lain untuk menggantikan sehingga tidak sia-sia sudah datang ke kampus. Apabila pengampu lain juga tidak bisa masuk, ibu bisa memberi tugas yang harus dikumpul pada hari itu juga dan absen tetap berjalan. Karena dari saya pribadi, kuliah pengganti itu tidak menyenangkan.

Pesan
Pengampu tetap menjalankan kelebihan-kelebihannya dalam mengampu mata kuliah ini seperti tepat waktu, tugas yang bisa dikerjakan sambil bersenang-senang.

Sekian testimoni saya yang singkat ini. Saya meminta maaf khususnya pada pengampu apabila ada kata yang salah atau menyinggung hati. Terima kasih J

1 komentar:

Turun Berat Badan mengatakan...

mantabBB

Poskan Komentar