I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 19 Maret 2012

Testimoni Kuliah Online Paedagogi

Kuliah online pedagogi hari ini sangat menarik. Ini kali pertama kelas diadakan lewat event di facebook. Biasanya kalau kuliah online lewat gtalk. Jadi pertama kali tahu akan dibuat seperti ini jadi penasaran. Pertama sekali pengampu mengadakan absen lewat comment pada awal perkuliahan. Kemudian, selagi menunggu teman-teman yang lain masuk, pengampu memberikan suatu situs pendidikan yaitu Edukasi.net untuk diberikan komentar lewat wall dan akhirnya dikomen oleh teman-teman lain. Mulai dari situlah keadaan menjadi ramai. Kami akhirnya mengeluarkan pendapat masing-masing dari apa yang telah kami perhatikan dari situs tersebut, mulai dari bahan ajar, tampilan, dan lain sebagainya. Bagi saya pribadi sesi ini yang paling penting dari perkuliahan. Masing-masing dari kami saling mengomentari pendapat yang telah diposting di wall. Ada yang banyak dapat tanggapan ada pula yang sedikit. Namun itu tidak masalah, karena yang paling penting bagaimana pemahaman kita sendiri pada pedagogi itu tersebut.
Di akhir perkuliahan diadakan absen ulang untuk cross check peserta yang ikut kuliah. Ini sangat bagus sekali untuk memastikan apakah peserta masih “melek” selama perkuliahan berlangsung. Namun mudah-mudahan teman-teman semua masih tetap stay terbukti dari proses pemberian pendapat yang aktif dan juga dari absensi akhir yang dilakukan pengampu.
Secara keseluruhan saya sangat menyukainya. Apalagi dengan kebanyakan dari kami yang suka malu-malu kalau mau memberikan pendapat di kelas. Sangat bertentangan dengan ketika anak-anak yang suka nyerocos begitu saja. Nggak ditanya pun ada saja jawabnya. Tapi sekarang sudah ditanya pun suka diam-diam sendiri atau ngomongnya sama-sama, yang ada malah jadi pasar yang super ribut. Walaupun ribut di fb, setidaknya nggak ada suara yang mengganggu tapi posting wall yang bertebaran saling susul menyusul, hehehehe.
Sekali-sekali dibuat kuliah online itu penting juga untuk mengurangi kebosanan di kelas. Apalagi buat teman-teman (dan juga saya) yang habis pedagogi masih ada kelas klinis rasanya 5 sks berturut di kelas itu kalau kata Syahrini: Sesuatu. Ini juga akan menghemat cost buat teman-teman yang nggak ambil klinis. Jadinya libur kan, nggak ada kelas, jadi nggak ke kampus, nggak keluar duit buat ongkos??? Hehehehe.
Sekian testimony untuk kuliah online pedagogi perdana di semester 4 ini. Semoga kuliah online tidak hanya dilakukan dalam mata kuliah pedagogi saja, amin J

0 komentar:

Poskan Komentar