I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 19 Maret 2012

Paedagogi dan Prinsip Paedagogis




Pedagogi dan pedagogis, dimana bedanya? Pedagogi lebih kepada kata benda yang berarti ilmu pendidikan atau pengajaran sedangakan pedagogis merujuk pada sifatnya, yaitu bersifat pedagogi. Namun ada juga beberapa tokoh yang berpendapat lain dengan perspektif mereka masing-masing. Misalnya,

·         Pedagogis sebagai suatu proses yang kontinum (Danilov 1978).
·         Pedagogis sebagai suatu tindakan yang dilakukan guru dan siswa yang kemudian interaksi keduanya didasari teori pedagogis tertentu yang berorientasi pada tujuan dan merupakan pengembangan dari interaksi keluarga dan masrakat (Albert Garcia, 2005).
·         Pedagogis sebagai proses dari 3 hal yaitu didik, ajar, dan belajar dengan tujuan mengembangkan kepribadian siswanya (Ana Maria Gonzales Soca).

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, selanjutnya akan dibahas mengenai prinsip-prinsip proses pedagogis.

1.      Kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses pedagogis, artinya bahwa proses pedagogis merupakan suatu proses yang terstruktur beradasarkan hal-hal baru yang telah teruji secara empiris namun tetap sesuai dengan ideology kita.
2.      Kombinasi karakter kolektif dan individual pendidikan dan penghormatan pada kepribadian masing-masing siswa, artinya proses pedagogis yang diterapkan pada karakter kolektif masih dapat melihat individu sebagai dirinya sendiri yang unik dan berbeda dari orang lain.
3.      Kesatuan pengajaran, pendidikan dan perkembangan proses, artinya pendidikan dan pengajaran harus saling terkait dan saling melengkapi.
4.      Kognitif dan afektif tidak bisa berada dalam daerah yang kering, maksudnya adalah proses pedagogis juga melibatkan dunia dalam diri individu dan juga dunia sekitarnya.
5.      Masing-masing subsistem aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait satu sama lain, artinya adalah bahwa masing-masing elemen tersebut akan saling mendukung dan membentuk satu sama lain. 

   Sifat lain dari proses pedagogis yang perlu diingat adalah: terencana, sistematis, terarah, spesifik, dan mengembangkan. Dimana untuk mewujudkannya guru harus memiliki 3 syarat utama untuk menjadi pendidik yang baik; berpengetahuan luas, keterampilan yang baik, dan kepribadian yang menyenangkan.

0 komentar:

Poskan Komentar